Apa Itu Smart Device? Pengertian Smart Device Beserta Contohnya

Smart Device (Perangkat Cerdas) adalah sebuah karya cipta perangkat teknologi tepat guna yang bekerja secara interaktif dan otomatis serta mampu memberikan solusi untuk permasalahan yang ada di dalam masyarakat. Smart Device dibagi 2, yaitu Mobile Device dan Desktop Device. Berikut penjelasannya.


Smart Device (Perangkat Cerdas) adalah sebuah karya cipta perangkat teknologi tepat guna yang bekerja secara interaktif dan otomatis serta mampu memberikan solusi untuk permasalahan yang ada di dalam masyarakat. 

Smart Device dibagi 2, yaitu Mobile Device dan Desktop Device. Berikut penjelasannya.


MOBILE DEVICE

Mobile Device (juga dikenal dengan istilah cellphone, handheld device, handheld computer, ”Palmtop”, atau secara sederhana disebut dengan handheld) adalah alat penghitung (computing device) yang berukuran saku, ciri khasnya mempunyai layar tampilan (display screen) dengan layar sentuh atau keyboard mini. Contoh umum adalah ponsel, PDA, dan konsol game genggam. Mobile Device tidak memerlukan catu daya eksternal untuk berfungsi. Biasanya, mereka memiliki baterai untuk menyimpan energi agar bekerja tanpa kabel listrik. Seorang pengguna dapat mengubah, mengirim dan memindahkan data dengan menghubungkan perangkatnya ke modem atau kabel, atau lebih sering disebut dengan nirkabel. Perangkat ini bisa digunakan untuk membaca dan menulis email, berselancar di internet dan mendengarkan musik. Smartphone, Tablet, dan perangkat seluler yang serupa dapat menjalankan program komputer termasuk Game Komputer, dan memiliki banyak fungsi seperti yang dilakukan oleh Desktop PC.


Jenis-Jenis Smart Device Mobile :

1. Mobile Computer
2. Handheld Game Console
3. Media Recorders
4. Media Players / Displayers


1. Mobile Computer

Mobile Computer merupakan teknologi komputer yang bisa melakukan komunikasi jarak jauh tanpa kabel (nirkabel). Mobile Computer menggunakan teknologi yang berbentuk fisik, dan bisa terhubung walau dalam jarak jauh sekalipun. Istilah Mobile Computer ini dipakai untuk menggambarkan suatu perangkat yang berbentuk kecil, portable, mendukung wireless serta komunikasi. Berikut adalah jenis-jenis dari Mobile Computer.


a. PDA (Personal Digital Assistant)

Personal Digital Assistant disingkat PDA adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo.


Selain dari itu dengan PDA (komputer saku) ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan Wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh. Komponen-komponen yang ada di PDA yaitu :

  • Sistem Operasi
  • CPU / Processor
  • Memory
  • Alat Input
  •  Layar Tampilan
  • Baterai
  • Slot Ekspansi
  • Konektivitas PDA
  • Software



b. Smartphone


Smartphone adalah perangkat komunikasi elektronik yang bisa dibawa-bawa dan tidak perlu kabel untuk menghubungkan jaringan komputer. Dengan kata lain, smartphone adalah miniatur komputer dengan kemampuan ponsel. Umumnya terdapat dua jaringan smartphone yaitu GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan CDMA (Code Division Multiple Acces). Perangkat computing yang bisa dipasang di mobil. Biasanya digunakan untuk pemutar DVD, GPS, pengeras suara dan Bluetooth. Komponen-komponen pada Smartphone :

  • Display
  • Baterai
  • System-on-Chip
  • Memori dan Penyimpanan
  • Modem
  • Kamera
  • Sensor
  • Connectivity and USB
  • GPU
  • Hexagon DSP
  • Location
  • CPU
  • Multimedia (Audio, Video, Gesture)
  • Security


c. Handheld Computer




        Handheld Computer adalah komputer yang cukup kecil sehingga dapat digenggam. Komputer genggam ini dapat bekerja dengan fungsi yang hampir sama dengan komputer biasa. Meskipun sangat mudah untuk dibawa, komputer genggam tidak dapat menggantikan komputer biasa (PC) karena hanya memiliki keyboard dan layar yang kecil. Kelebihan dari komputer genggam ini adalah pengguna dapat menyimpan serta mengatur data dengan lebih efisien dan akurat. Biasanya komputer genggam dilengkapi dengan teknologi Bluetooth. Bluetooth memang tepat untuk mencetak secara nirkabel, menghubungkan antara komputer genggam dengan mobile printer. Tidak hanya dengan printer tetapi komputer genggam juga dapat dihubungkan dengan alat-alat lain melalui koneksi Bluetooth.


Komputer genggam dapat meningkatkan produktivitas pengguna dan memudahkan mereka untuk bekerja lebih efisien. Komputer genggam yang paling banyak digunakan adalah komputer yang khusus dirancang untuk menyediakan fungsi PIM (Personal Information Manager), seperti kalender, agenda, dan buku alamat.



d. Smartwatch


Smartwatch (Jam tangan pintar) adalah komputer yang dapat dipakai dalam bentuk jam tangan. Smartwatch menyediakan antarmuka yang bisa disentuh untuk penggunaan sehari-hari. Smartwatch dirancang untuk jaringan dan mengintegrasikan dengan perangkat pribadi lainnya melalui Wi-Fi dan teknologi Bluetooth.

Melalui Smartwatch pengguna dapat mengakses berita, cuaca, olahraga, telepon, pesan dan bahkan pada versi Smartwatch terbaru pengguna dapat mengetahui informasi kesehatan badannya. Smartwatch menggunakan bacaan biometric melalui sensor byonim untuk mengidentifikasi detak jantung pengguna dan mengkalkulasi jumlah detak jantungnya. Smartwatch tidak di rancang untuk menggantikan fungsi ponsel, Smartwatch dirancang memberi “alert” pada pengguna untuk pesan dan panggilan yang masuk pada ponsel. 




e. Digital Camera




Kamera digital atau digital camera adalah kamera yang menangkap foto dalam memori digital . Sebagian besar kamera yang diproduksi saat ini adalah digital,  dan meskipun masih ada kamera digital khusus, lebih banyak kamera sekarang dimasukkan ke dalam perangkat seluler , komputer layar sentuh portabel, yang dapat, di antara banyak tujuan lain, menggunakan kamera mereka untuk memulai video langsung- telepon dan langsung edit dan unggah gambar ke orang lain.  Namun, kamera khusus berdedikasi tinggi dan berdefinisi tinggi masih umum digunakan oleh para profesional.


Kamera digital dan film berbagi sistem optik, biasanya menggunakan lensa dengan diafragma variabel untuk memfokuskan cahaya ke perangkat pengambilan gambar.  Diafragma dan rana mengakui jumlah cahaya yang tepat untuk gambar, seperti halnya dengan film tetapi perangkat pikap gambar bersifat elektronik dan bukan bahan kimia. Namun, tidak seperti kamera film, kamera digital dapat menampilkan gambar di layar segera setelah direkam, dan menyimpan dan menghapus gambar dari memori . Banyak kamera digital juga dapat merekam video bergerak dengan suara . Beberapa kamera digital dapat memotong dan menjahit gambar dan melakukan pengeditan gambar dasar lainnya.


Kelebihan Mobile Computer

Extreme Personalization. Artinya, Mobile Computing telah menjadi barang yang sangat penting bagi orang. Hal ini diumpamakan dengan kalimat ponsel diantara dompet dan kunci motor, dimana berarti ponsel yang termasuk mobile computer sama pentingnya dengan dompet dan kunci motor. Karena pentingnya itu, mobile computer kerap dipakai untuk menyimpan segala informasi pribadi.

Pengaksesan Informasi setiap saat dan dimana pun. Dengan sifatnya yang portable atau dapat dibawa kemana-mana dan bila didukung dengan koneksi internet, mobile computer dapat digunakan untuk bekerja, atau berbelanja secara online, maupun bermain dimana saja dan kapan saja. Tentu hal ini sangat memanjakan pengguna mobile computer.

Kompatible yang tinggi dengan teknologi lain. Dengan kecanggihan yang dimiliki, mobile computer compatible dengan teknologi lain, sehingga mobile computer dapat memanfaatkan teknologi lain demi kemudahan sang pemakai.

Cocok untuk daerah yang belum ada infrastruktur.


Kelemahan Mobile Computer

   Kurangnya Bandwith
Akses internet pada peralatan umumnya lebih lambat dibandingkan dengan koneksi kabel, dengan menggunakan teknologi seperti GPRS, EDGE dan jaringan 3G. LAN nirkabel berkecepatan tinggi tidak mahal, tetapi memiliki rentang yang sangat terbatas.

  Konsumsi Tenaga
Ketika generator portable tidak tersedia, komputer mobile harus bergantung sepenuh pada daya baterai. Artinya, baterai yang mahal harus digunakan agar masa pakai baterai yang diperlukan.

  Gangguan Transmisi
Faktor-faktor yang menyebabkan gangguan sinyal pada mobile computing seperti cuaca, jarak alat mobile computing dengan titik pemancar sinyal terdekat. Selain itu penerimaan sinyal di dalam terowongan, di beberapa gedung dan daerah pedesaan seringkali buruk.

  Potensi Terjadinya Kecelakaan
Banyak kecelakaan kendaraan baik mobil maupun motor sering disebabkan oleh pengendaranya yang menggunakan mobile saat sedang berkendara. Selain itu penggunaan mobile yang lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

   Antarmuka Pengguna dengan Alat
Layar  keyboard yang cenderung kecil membuat peralatan tersebut sulit digunakan. Input alternative seperti input suara atau pengenalan tulisan tangan membutuhkan pelatihan untuk menggunakannya.



2. Handheld Game Console

Handheld Game Console
adalah sebuah konsol permainan video portabel kecil dengan sebuah layar built-in, kontrol permainan dan pemutar suara. Konsol permainan genggam lebih kecil ketimbang konsol permainan video rumah dan terdiri dari konsol, layar, pemutar suara, dan pengkontrol dalam satu unit, dapat dibawa kemana-mana dan memainkannya pada setiap waktu atau tempat. 
Berikut adalah jenis-jenis Handheld Game Console.



a. Playstation Portable (PSP)

PlayStation Portable (secara resmi disingkat PSP) adalah konsol permainan genggam yang dibuat dan dipasarkan oleh Sony. PlayStation Portable merupakan semacam perangkat hiburan yang berfungsi untuk memainkan permainan video, memutar film dan musik, serta menampilkan foto digital. PSP merupakan konsol permainan pertama yang menggunakan Universal Media Disc (UMD) sebagai media penyimpanan, meninggalkan kartrid ROM konvensional. UMD memiliki ukuran fisik yang lebih kecil daripada CD biasa dengan kapasitas yang jauh lebih besar, mencapai 1,8 GB. Selain itu, PSP juga mendukung Memory Stick (Duo dan Pro Duo), jaringan LAN nirkabel, baterai yang dapat diisi ulang, LCD layar lebar, serta stik analog panel datar yang dapat disorong keluar. Fitur jaringan PSP mendukung konektivitas konsol ini dengan PlayStation 3, konsol PSP lain, dan Internet.



b. Nintendo Switch




Nintendo adalah sebuah perusahaan multinasional yang didirikan tanggal 23 September 1889 di Kyoto, Jepang oleh Fusajiro Yamauchi untuk memproduksi kartu-kartu buatan tangan hanafuda, yang digunakan untuk permainan kartu Jepang dengan nama yang sama. Setelah beberapa tahun, Nintendo menjadi sebuah perusahaan permainan video, dan tumbuh menjadi salah satu di antara yang terbesar dalam industri ini. Di samping permainan video, Nintendo adalah pemilik mayoritas Seattle Mariners, sebuah tim Major League Baseball di Seattle, Washington. Pada tahun 2001, Nintendo juga membeli bagian yang cukup besar untuk Gyration Inc., sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri pada gyro dan sensor gerak. Saat ini, saingan utama Nintendo dalam bidang permainan adalah Sony and Microsoft.


c. Sega Game Gear
Sega Game Gear merupakan konsol game portabel pertama dari Sega, konsol ini merupakan konsol komersial yang memiliki layar warna ketiga setelah Atari Lynx dan TurboExpress. Game Gear ini merupakan versi portabel dari Master System tetapi dengan resolusi layar lebih rendah tetapi bisa menampilkan komposisi warna lebih besar. Sebagai tambahan Game Gear ini juga dapat menghasilkan suara stereo (melalui headphone) sebagai kebalikan dari master system yang hanya memiliki output sound yang mono, walaupun banyak permainan pada waktu itu menggunakan teknologi stereo. Tidak seperti Game boy original, yang dimana layarnya ditempatkan diatas tombol-tombol, Game Gear ini memiliki orientasi posisi yang lanskap, dan memiliki kontrol disamping yang memudahkan penggunaan Game Gear ini.


d. GP2X / GP32


        GP2X adalah konsol video game genggam berbasis media dan pemutar media portabel yang dikembangkan oleh perusahaan Korea Selatan GamePark Holdings. Album ini dirilis pada 10 November 2005, hanya di Korea Selatan. GP2X dirancang untuk pengembang rumahan serta pengembang komersial. Ini biasanya digunakan untuk menjalankan emulator untuk konsol game seperti Neo Geo, Sega Genesis / Mega Drive, Sega Master System, Sega Game Gear, Amstrad CPC, Commodore 64, Nintendo Entertainment System, TurboGrafx-16, dan MAME.


3. Media Recorders

Media Recorder adalah perangkat elektronik konsumen atau perangkat lunak aplikasi yang merekam video dalam format digital ke disk drive, USB flash drive, kartu memori SD, SSD atau perangkat penyimpanan massal lokal atau jaringan lainnya. Istilah meliputi set-top box (STB) dengan langsung ke fasilitas perekaman disk, portable media player (PMP) dengan rekaman, perekam (PMR) sebagai camcorder yang merekam ke kartu memori Secure Digital dan perangkat lunak untuk komputer pribadi yang memungkinkan video capture dan playback ke dan dari hard disk drive. Sebuah televisi dengan built-in fasilitas video-recording digital diperkenalkan oleh LG pada tahun 2007, diikuti oleh produsen lain. Berikut contoh Media Recorder :


a. Digital Audio Recorder




Digital audio recorder biasa digunakan untuk merekam suara, seperti merekam rapat, seminar, belajar bahasa atau berlatih musik. Produsen ternama seperti Sony, Olympus dan Tascam mengeluarkan digital audio recorder yang digunakan untuk merekam berbagai kegiatan tersebut. Kini digital audio recorder telah berkembang untuk membantu Anda merekam suara. Kali ini kami akan mengulas cara memilih digital audio recorder dengan membandingkan beberapa fitur yang berbeda sesuai dengan kegunaan saat perekaman.




4. Media Players

Pemutar Media (Media Player)
adalah istilah umum untuk mengacu kepada perangkat lunak komputer yang dapat memainkan berkas multimedia. Kebanyakan pemutar media dapat memainkan berkas audio dan video. Pemutar media yang memfokuskan pada audio atau video disebut pemutar audio dan pemutar video. Berikut contoh Media Player :



a. Smart Speaker (Speaker Pintar)



Speaker pintar adalah jenis speaker nirkabel dan perangkat perintah suara dengan asisten virtual terintegrasi yang menawarkan tindakan interaktif dan aktivasi hands-free. Beberapa speaker pintar juga dapat bertindak sebagai perangkat pintar yang memanfaatkan Wi-Fi , Bluetooth , dan standar protokol nirkabel lainnya untuk memperpanjang penggunaan di luar pemutaran audio, seperti untuk mengontrol perangkat otomatisasi rumah . Ini dapat mencakup, tetapi tidak terbatas pada, fitur-fitur seperti kompatibilitas di sejumlah layanan dan platform, koneksi peer-to-peer melalui jaringan mesh , asisten virtual, dan lainnya. Beberapa speaker pintar juga menyertakan layar untuk menunjukkan respons visual kepada pengguna. 


Speaker pintar dengan layar sentuh dikenal sebagai layar pintar . Meskipun serupa dalam faktor bentuknya dengan komputer tablet , tampilan cerdas berbeda dalam hal penekanan pada antarmuka pengguna handsfree dan fitur asisten virtual.

DESKTOP DEVICE
Dekstop device adalah perangkat komputasi pintar yang mempunyai fungsi seperti Mobile Device dan juga mendukung jaringan nirkabel atau wireless. Namun, Desktop device mempunyai kekurangan yaitu tidak portable atau tidak bisa dibawa-bawa. Berikut jenis-jenis Desktop Device :


a. Laptop


Laptop atau notebook adalah komputer bergerak yang ukurannya relative kecil, dengan berat antara 1-6 kg. Fungsi laptop hamper sama dengan komputer desktop, hanya ukurannya yang diperkecil. Kebanyakan laptop menggunakan LCD yang ukurannya antara 10-17 inch. Sifat utama laptop yaitu ukurannya yang kecil, mudah dibawa kemana saja dan hemat energy. Karena banyak kelebihan yang dimiliki laptop maka harga laptop relative lebih mahal daripada komputer desktop. Komponen penyusun pada Laptop yaitu :

  • Power AC / DC Adapter
  • Baterai
  • Mainboard
  • CMOS Battery
  • Keyboard
  • Processor
  • CPU Cooling Fan
  • RAM
  • Hard Disk Drive
  • VGA
  • CD / DVD ROM
  • Sound Card
  • Wireless Card
  • Layar LCD
  • Screen Inverter Board
  • Display Hinges
  • Web Camera



b. Smart TV


Smart TV adalah TV yang mampu berinteraksi dengan menggunakan Internet yang memungkinkannya untuk mengakses layanan online seperti video streaming, pesan instant & social media. Beberapa Smart TV juga telah dilengkapi dengan web browser yang memungkinkannya mengakses website secara langsung.



Zaman sekarang hampir semua TV terbaru (bahkan yang tidak terlalu mahal) juga telah dilengkapi dengan fitur Smart TV. Tentu saja anda memerlukan koneksi internet untuk mengakses semua fitur yang ditawarkan Smart TV. Kebanyakan Smart TV memiliki Ethernet port dibelakang TV untuk tempat anda mencolokkan kabel dari router rumah anda. Beberapa tipe lebih canggih bisa mengakses Wi-Fi. Fitur online pada Smart TV akan bervariasi tergantung dari tipe, merk dan model dari TV tersebut. Hampir semua Smart TV mampu mengakses social media seperti Facebook & Twitter. Smart TV yang canggih bisa melakukan video call dengan seluruh layar. Beberapa Smart TV juga bisa mengakses layanan pesan instant seperti Skype. Bahkan dengan menggunakan webcam, Smart TV yang canggih bisa melalukan video call dengan seluruh layar.

Kelebihan Smart TV
  • Punya Sistem Operasi
  • Bisa digunakan untuk browsing atau streaming siaran video
  • Mempunyai Processor sehingga dapat mengoperasikan TV tersebut seperti mengoperasikan komputer.

Kekurangan Smart TV
  • Smart TV tidak memiliki fitur Layar Sentuh atau Touchscreen
  • Smart TV tidak bisa merekam program acara di TV dan memutarnya kembali (Fitur Playback)
  • Smart TV tetap memerlukan jaringan Internet



c. All In One PC




All-in-one PC adalah komputer yang komponen utamanya diletakkan dan dijadikan satu dengan casing monitornya. Tujuannya adalah agar lebih portable, lebih kecil, dan lebih praktis tanpa mengurangi fungsi utamanya sebagai komputer kerja. All-in-one PC biasanya selalu menggunakan monitor flat, bahkan di all-in-one PC terbaru rata-rata sudah menggunakan layar touchscreen. Komponen internal PC langsung diletakkan di belakang monitor tersebut secara ringkas. Komponen utama All in One PC :

  • CPU
  • HardDisk
  • RAM
  • OPTICAL Drive
  • Speaker
  • Display
  • WIFI Antenna
  • USB Port
  • Battery
  • HDMI Port
  • Camera
  • Keypad
  • Cooling Fan



d. Smart Display




Smart display secara sederhana ialah asisten speaker pintar yang dirancang untuk digunakan di sekitar rumah dengan layar sentuh yang sangat besar. Kamu dapat melihat smart display sebagai evolusi selanjutnya dari smart speaker atau speaker pintar. Seperti Google Home atau Amazon Echo, teknologi ini selalu mendengarkan frasa-frasa tertentu, semisal 'Alexa' atau 'Hai Google'. Saat mereka mendengarnya, mereka juga akan menanggapi pertanyaan atau perintah kamu.

Sementara itu, pada smart display, sama seperti speaker pintar, kamu dapat memintanya untuk mencari laman, melakukan panggilan, menambahkan sesuatu ke daftar belanja, hingga memeriksa kalender. Namun, secara khusus smart display memiliki layar sentuh yang dapat kamu gunakan untuk lebih daripada sekadar kontrol. Layar itu berguna juga untuk mendukung hiburan, video informasi, juga video chat.





e. Game Console


Game Console adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan permainan video. Perangkat penampil grafiknya dapat berupa monitor komputer atau televisi, alat pengendalinya disebut joystick atau controller. Konsol permainan ini biasanya terhubung pada televisi dan menghasilkan gambar serta suara. Game console juga dapat mengeluarkan sinyal video atau gambar visual untuk menampilkan permainan video yang dapat dimainkan oleh satu atau lebih orang.


Oke teman-teman, sekian artikel dari saya tentang Apa Itu Smart Device? Pengertian Smart Device Beserta Contohnya. Apabila ada kekurangan atau kesalahan penulisan mohon dimaafkan. 

Jangan segan untuk berkomentar atau hanya untuk memberi saran atau kritikan, karena kami akan sangat senang terhadap masukan dari Anda. See you on next articel :)