Inilah Daftar 5 Unicorn Indonesia, Ruang Guru akan menjadi yang Ke-6?

Saat ini, Indonesia telah memiliki 5 startup yang sudah menyandang gelar "Unicorn". Unicorn adalah istilah yang digunakan untuk mengkategorikan startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari US $1 Milliar atau setara dengan Rp 14 Trilliun. Startup apa saja yang sudah memiliki gelar Unicorn?


Saat ini, Indonesia telah memiliki 5 startup yang sudah menyandang gelar "Unicorn". Unicorn adalah istilah yang digunakan untuk mengkategorikan startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari US $1 Milliar atau setara dengan Rp 14 Trilliun. 
 Istilah Unicorn adalah istilah untuk perusahaan rintisan startup milik swasta yang memiliki nilai kapitalisasi lebih dari $1 Miliar.

Dilansir dari situs cbinsight.com, saat ini ada lebih dari 400 startup di seluruh dunia yang memiliki gelar Unicorn dengan valuasi lebih dari 1 Miliar dollar..Perusahaan-perusahaan yang mendapat gelar "Unicorn" tersebar di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia. 

Startup apa saja yang sudah memiliki gelar Unicorn? Simak penjelasan dibawah ini.

1. Gojek 

   Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Perusahaan ini bernaung di PT Karya Anak Bangsa dan telah menjadi startup pertama yang mendapat gelar Unicorn. Pada Agustus 2016, Gojek secara resmi mengumumkan pendanaan senilai US$550 juta atau sekitar Rp7,2 triliun dari KKR, Warburg Pincus, Farallon Capital, dan Capital Group Private Markets dan investor-investor sebelumnya. Dengan adanya pendanaan tersebut, Gojek resmi berstatus sebagai unicorn pertama di Indonesia, yaitu startup dengan valuasi lebih dari US$1 miliar.

2. Tokopedia
   Tokopedia merupakan perusahaan Indonesia yang menjadikan teknologi sebagai saran bisnis online. Misi Tokopedia yaitu mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sejak tahun 2009, Tokopedia telah menjadi sebuah Unicorn bukan hanya di Indonesia tetapi diseluruh kawasan Asia Tenggara. Tokopedia didirikan oleh Willian Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009.

3. Traveloka
   Traveloka adalah startup yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online. Perusahaan ini didirikan oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang pada tahun 2012. Sekarang, Traveloka telah berstatus Unicorn dan telah mengembangkan layanannya dalam pemesanan tiket kereta api, bus, penyewaan mobil, atau aktivitas wisata. Kini, Traveloka sudah tersebar di seluruh kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

4. Bukalapak

   Bukalapak adalah salah satu perusahaan marketplace onliine yang ada di Indonesia yang menyediakan layanan pembelian antar konsumen dan pembeli tanpa harus bertatap muka. Visi Bukalapak adalah menjadi marketplace nomor satu di Indonesia. Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid pada 10 Januari 2010. Kemajuan Bukalapak sangat signifikan karena persaingan barang harga yang terjangkau sehingga meningkatkan pertumbuhan Bukalapak.

5. OVO
   OVO adalah sebuah aplikasi yang memberikan layanan pembayaran dan transaksi online. OVO bisa digunakan di berbagai macam jenis merchant yang telah bekerja sama dengan OVO sehingga lebih menghemat waktu dan biaya. Setiap melakukan transaksi, customer akan mendapat OVO Point dimana point itu bisa ditukarkan dengan penawaran menarik yang ada di merchant OVO. OVO didirikan oleh perusahaan Lippo Group pada 25 September 2017.

   Selain perusahaan startup diatas, akan muncul lagi perusahaan yang akan menyabet gelar Unicorn. Hal ini disinggung oleh Menkominfo Johnny G. Plate yang mengatakan bahwa akan ada Unicorn baru. Unicorn ini akan berasal dari sektor Pendidikan atau Kesehatan. APBN juga mengutamakan untuk melahirkan Unicorn dari sektor Pendidikan. Saat ini, aplikasi terkenal di sektor Pendidikan yaitu Ruang Guru. Ruang Guru memberikan layanan belajar online berbasis kurikulum sekolah melalui video tutorial atau animasi.

Sekian artikel dari saya. Semoga bermanfaat. 
Sampai jumpa di artikel selanjutnya (>‿◠)