7 Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya

HP lemot kadang paling sering bikin emosi. Ya nggak sih? Di saat kamu selalu bergantung pada penggunaan HP Android, rasanya ...
Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya

Halo teman-teman, welcome to our blog.

Menggunakan smartphone selama bertahun-tahun tentu bisa membuat performanya menurun ya gaess. Selain performa, daya tahan baterai juga bisa menurun. Terkadang hal ini bisa membuat pengguna merasa emosi ya.

Seiring berjalannya masa penggunaan, data di dalam HP akan semakin bertambah. Dan akhirnya hp menjadi ngelag. 

Atau kita merasa kenapa hp bisa lemot padahal aplikasinya sedikit.

Kapasitas penyimpanan dan RAM juga bisa menjadi penyebab mengapa hp menjadi lemot. 

Tapi tunggu dulu, jangan banting HP kamu. Bukan berarti HP lemot pertanda harus beli HP baru ya. 

Di artikel kali ini, kita akan membahas apa Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya.

CariSolusi bakal kasih beberapa tips untuk mengatasi performa HP yang sudah lambat. Tapi sebelum itu, kita cari tahu dulu apa penyebab hp lemot.


Baca Juga :


Penyebab HP Lemot


1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan

Jika terlalu banyak aplikasi yang dijalankan sekaligus, hal ini bisa menyebabkan HP kamu menjadi lemot. Secara tidak sadar kamu akan membuka beberapa aplikasi sekaligus dan lupa untuk menutupnya. Oleh karena itu, tutup aplikasi yang tidak kamu butuhkan.

 
2. Memori dan RAM tidak cukup

Kapasitas memori dan RAM yang penuh juga bisa menyebabkan HP lemot. Kenapa RAM bisa penuh? Ada beberapa hal yang menyebabkannya, salah satunya yaitu Malware. Malware muncul karena dibawa oleh aplikasi yang kamu instal, bisa melalui Playstore atau dari luar playstore.

Jadi untuk mengatasinya, gunakanlah software pembersih bawaan HP kamu. Kamu juga bisa menginstal software pembersih (gunakan yang terpercaya) melalui playstore. 

Dengan melakukan hal ini, malware bisa terhapus 100%. Lakukan secara berkala agar performa HP kamu menjadi lebih baik.

3. HP Tidak Memiliki Memori Eksternal

Mengandalkan memori internal tidaklah cukup. Kamu perlu tambahan memori eksternal. Jika memori eksternal tidak ada, maka data-data kamu akan menumpuk di satu tempat yaitu memori internal. 

Dan pastinya, hp kamu menjadi lemot. Maka gunakanlah memori eksternal, agar performa berjalan mulus.

4. File Cache yang Menumpuk

Cache menyimpan data aktifitas terakhir sewaktu kamu menggunakan sebuah aplikasi. File cache yang menumpuk akan mempengaruhi kinerja smartphone dan membuatnya menjadi lambat.

Untuk mengatasinya, bersihkan cache secara berkala agar tidak terjadi penumpukan. Karena setiap hari, cache di HP kamu akan terus bertambah.

Cara membersihkannya cukup mudah, kamu tinggal gunakan aplikasi cleaner atau melalui pengaturan aplikasi yang ada di HP kamu.

5. Aplikasi Latar Belakang

Berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain tanpa menutupnya, bisa menambah beban RAM di smartphone kamu. Maka, hentikan aplikasi yang tidak lagi kamu gunakan yang ada di Recent Apps.

6. Menggunakan Antivirus Lebih Dari Satu

Apakah kamu pernah berpikir dengan menginstal banyak antivirus bisa melindungi smartphone kamu? Ya, hal ini memang benar, HP kamu bisa terhindar dari virus. Tapi ada kerugiannya.

Semakin banyak antivirus yang kamu instal, maka kinerja smartphone akan terkuras karena fitur antivirus selalu berjalan di latar belakang.

7. Sistem Operasi Tidak Sesuai

Melakukan update sistem operasi memang penting untuk meningkatkan kinerja serta menambah fitur baru di smartphone kamu.

Tapi, menginstal sistem operasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi HP kamu, bisa menjadi penyebab HP lemot. Jangan memaksakan diri untuk mengupdate sistem operasi, jika smartphone memiliki kapasitas memori dan RAM yang rendah.


Nah, kita sudah bahas beberapa penyebab HP lemot. Sekarang kita akan bahas bagaimana cara mengatasinya.  

Cara Mengatasi HP Lemot


1. Bersihkan Layar Beranda

Membersihkan layar beranda akan meningkatkan performa HP kamu. Menggunakan walpaper bergerak dan widget bisa mengakibatkan HP menjadi lambat. Jadi hal yang perlu kamu lakukan ialah, mengurangi / menghapus aplikasi di layar beranda.

2. Mengaktifkan mode Hemat Data

Mengaktifkan mode 'Hemat Data' di Google Chrome juga bisa membantu kamu sewaktu browsing. Fitur ini menghemat data dan akan mempercepat loading suatu website tanpa harus menunggu lama. 

Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu tidak akan melihat gambar atau video yang ada di website tersebut. Hal ini bisa menghemat waktu jika kamu hanya memerlukan informasi berupa teks.


3. Jangan abaikan jumlah memori

Kamu perlu memerhatikan spesifikasi smartphone yang kamu miliki. Jangan hanya berpatok pada ukuran RAM saja ya, tetapi cek juga sisa memori internal kamu. Memori internal yang penuh bisa sangat berpengaruh terhadap performa HP kamu.

Hindari penyimpanan data yang berlebihan. Hapus data yang tidak lagi kamu gunakan. Dan, pindahkan sebagian data ke laptop. 


4. Hapus Aplikasi yang jarang kamu gunakan

Pernah menginstal aplikasi yang sebenarnya tidak kamu butuhkan? Atau menginstal aplikasi dan akhirnya berlalu begitu saja?

Berhati-hatilah, sifat impulsif menginstal aplikasi yang banyak bisa membuat HP kamu lemot. Cek periksa apakah aplikasi tersebut rutin kamu gunakan?

Jika ada, hapus segera aplikasi yang kurang penting agar HP kamu tidak lemot.


5. Gunakan Satu Antivirus

Memberikan proteksi yang terbaik dengan menginstal antivirus di smartphone memang sangat-lah penting. Namun, perlu kamu perhatikan juga untuk tidak menggunakan antivirus lebih dari satu.

Memang normal jika kita berpikir bahwa dengan menginstal antivirus lebih dari satu, bisa menambah keamanan smartphone.

Tapi, perlu kamu ketahui bahwa antivirus selalu berjalan di latar belakang dan pastinya bisa memakan kapasitas RAM. Semakin banyak antivirus, hp bisa menjadi semakin boros dan akhirnya menjadi lemot.

Jadi lebih baik, gunakan satu antivirus saja agar performa hp kamu tetap terjaga.


6. Update Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang dimaksud disini ialah Sistem Operasi. Jika kamu menerima notifikasi berupa update perangkat lunak, langsung lakukan update.

Versi perangkat lunak terbaru bisa meningkatkan performa hp agar lebih baik lagi. Selain itu, masalah di sistem operasi sebelumnya bisa diatasi dengan baik.

Namun sebelumnya melakukannya, kamu perlu perhatikan kapasitas memori internal dan RAM hp kamu ya. Jika menurut kamu penyimpanan hp tidak akan cukup, sebaiknya jangan lakukan update. Karena jika memori penuh saat melakukan update, maka akan timbul masalah lain lagi.

Selain sistem operasi, aplikasi juga perlu kamu update. Karena jika kamu masih menggunakan aplikasi versi lama, hal ini dapat menyebabkan penurunan kinerja smartphone. 

Untuk itu, jika kamu menerima notifikasi update dari aplikasi maka update segera. Lebih baik jika kamu mengupdate aplikasi yang sering kamu gunakan.


7. Bersihkan Cache

Cache adalah data sementara yang berisi catatan aktivitas pada aplikasi yang kamu gunakan. Jangan biarkan sampai cache menumpuk karena dapat membuat hp kamu lemot.

Maka, rutinlah membersihkan cache baik itu cache aplikasi atau cache browser. Kamu bisa menghapus cache melalui pengaturan aplikasi.


8. Kurangi Penggunaan Widget

Menggunakan widget tentu bisa memperindah tampilan hp kita. Namun jika terlalu banyak menggunakan widget yang sebenarnya tidak terlalu penting, kinerja hp bisa menjadi lemot.

Widget yang kamu pakai bisa memakan resource RAM yang cukup besar. Oleh karena itu, pakailah widget yang benar-benar kamu butuhkan, seperti widget jam dan cuaca.


9. Instal Aplikasi Pembersih

Aplikasi pembersih bisa menghapus file-file sampah, cache, atau data lama yang menumpuk, sehingga ruang penyimpanan kamu bisa lebih lega. 

Aplikasi pembersih yang sering saya gunakan adalah CCleaner. Aplikasi ini dapat membersihkan memori, menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, membersihkan file sampah, dan masih banyak lagi.


10. Factory Reset  

Pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah Factory Reset

Factory Reset adalah mengembalikan hp ke setelan pabrik, jadi kondisi hp sama seperti hp baru.

Jika beberapa tips diatas tidak bisa mengatasi kelemotan hp kamu, maka factory reset bisa kamu lakukan.


Dari pembahasan diatas, ternyata banyak hal yang menyebabkan hp lemot. Mungkin ada hal lain yang bisa menyebabkan hp lemot tapi tidak disebutkan diatas. 

Jadi inti dari artikel ini yaitu pentingnya menjaga hp kita dari hal-hal yang bisa merugikan. Gunakanlah smartphone sesuai kebutuhan (jangan berlebihan).

Jika teman-teman punya pertanyaan, silahkan bertanya di kolom komentar ya.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.