Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di WhatsApp

Dark Mode merupakan salah satu fitur yang paling keren saat ini. Selain keren, fitur ini juga punya beberapa manfaat seperti mengurangi penggunaan baterai yang berlebihan atau mengurangi radiasi smartphone. Beberapa aplikasi kini sudah mulai menerapkan Dark Mode dan kali ini Whatsaap akan segera merilis fitur baru ini

Dark Mode merupakan salah satu fitur yang paling keren saat ini. Selain keren, fitur ini juga punya beberapa manfaat seperti mengurangi penggunaan baterai yang berlebihan atau mengurangi radiasi smartphone. Beberapa aplikasi kini sudah mulai menerapkan Dark Mode seperti Telegram, Twitter, Youtube, dan kali ini WhatsApp akan segera merilis fitur baru ini. hiya..hiya..hiya!!

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Dark Mode di Google Chrome, Dijamin Hemat Baterai!


Namun, WhatsApp belum merilis sepenuhnya update-tan terbarunya ini. Hanya saja masih dalam versi Beta. Dilansir dari WABetaInfo yang melaporkan bahwa "Tema Gelap" tersedia untuk semua pengguna beta dengan versi 2.20.13, fitur ini dapat diaktifkan di bagian "Obrolan" pada menu pengaturan. Para pengguna sepenuhnya mendukung fitur baru ini karena mereka mengklaim bahwa mode gelap membuat antarmuka aplikasi lebih enak dilihat dan juga bisa menghemat baterai. Kalian pasti setuju juga ya kan :D

Dengan rilis beta ini, WhatsApp telah menjadi aplikasi ketiga Facebook yang mendapatkan mode gelap selain Facebook Messenger dan Instagram. 

Pasti kalian sudah tidak sabar lagi ingin mencoba fitur baru yang keren ini. Oke daripada berlama-lama, mari langsung saja simak tutorial di bawah ini.

Cara Mendapatkan WhatsApp Dark Mode

Ada beberapa langkah yang harus yang harus kalian tempuh, yaitu mengunduh file installer atau APK nya diluar Playstore. Bagaimana caranya? 

Pertama-tama, kalian harus mengunduh file installer nya di website ApkMirror. Kalian bisa mengklik link di bawah ini untuk mengunduh WhatsApp Beta versi 2.20.13. Tunggu beberapa saat hingga file selesai di download.

Setelah itu, buka file installer WhatsApp Beta versi 2.20.13

Nah, sebelumnya kalian pasti sudah punya WhatsApp di smartphone kalian dan setelah diinstall akan terganti dengan versi Beta ini. Namun kalian jangan khawatir karena proses pergantian versi aplikasi ini tidak akan menghapus data-data atau chat WhatsApp sebelumnya. 

Baca Juga: Waspadai Spam SMS CHAT-V | Modus Penipuan Berkedok Link



Jika sudah terinstall, kalian bisa langsung mencoba tampilan Dark Mode melalui Setelan > Chat > dan Tema.






Pada menu Tema, klik pilihan "Gelap" lalu klik OK untuk mengaktifkannya. Dan boom tampilan gelap yang keren sudah kalian miliki. 


Seperti Apa Tampilan WhatsApp Dark Mode?
Sekarang WhatsApp Dark Mode sedang dalam versi Beta atau masih dalam tahap percobaan dan pengembangan. Tampilan Dark Mode akan kelihatan berwarna abu-abu gelap dengan aksen hijau dan orange.




Kita tidak tahu persis kapan mode gelap WhatsApp akan dirilis secara global. Tetapi kemungkinan rilis baru ini akan tersedia bersamaan dengan update Automatically Delete Messages dan Animated Sticker. Automatically Delete Message adalah pembaruan dimana pesan dalam obrolan dihapus secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. Namun, WhatsApp masih melakukan pengembangan fitur ini sebelum dirilis ke publik. 


Fitur Animated Sticker adalah paket animasi bergerak seperti yang ada di Facebook Messenger. WhatsApp akan menambahkan ikon kecil berbentuk ► yang berarti bahwa stiker itu adalah stiker bergerak.

Sekian beberapa informasi update dari WhatsApp. Kalian pastinya tidak sabar ingin mencoba pembaruan selanjutnya. Mimin juga gak sabaran nih :v

Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya (>‿◠)